Informasi|

KMP Aceh Hebat menjadi primadona baru bagi masyarakat Aceh, khususnya mereka yang mendiami wilayah kepulauan. Bagaimana tidak, kehadiran armada ini diharapkan dapat memperlancar mobilitas masyarakat maupun distribusi logistik ke wilayah tersebut.

KMP Aceh Hebat 1 misalnya, kapal ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan lama yang sering terulang. Sebut saja misalnya pengiriman barang yang membutuhkan waktu berhari-hari dari Pelabuhan Penyeberangan Labuhan Haji ke pulau Simeulue, karena pada lintasan ini hanya KMP Labuhan Haji yang melayani penyeberangan. Parahnya, antrean kendaraan akan menyemut saat kondisi cuaca tidak kondusif akibat kapal penyeberangan berhenti beroperasi.

Sama halnya dengan KMP Aceh Hebat 2 dan 3, kedua kapal ini diharapkan dapat mendukung kunjungan pariwisata ke Pulau Weh (Sabang) dan Pulau Banyak (Singkil). Beroperasinya kedua kapal ini sejalan dengan agenda Pemerintah Aceh untuk menurunkan angka kemiskinan melalui pariwisata.

Menanti KMP Aceh Hebat hadir memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat, rasanya belum afdhal bila belum mengetahui keunggulan yang dimiliki oleh armada baru tersebut. Layaknya pesan pepatah lama “tak kenal maka tak sayang,” maka rasanya perlu mengenal lebih dekat kelebihan yang dimiliki oleh kapal milik rakyat Aceh ini.

Teknologi Mutakhir di Aceh Hebat 1

Saat menyeberang ke Pulau Simeulue, penumpang akan mendapatkan pengalaman menarik dari KMP Aceh Hebat 1. Dengan waktu tempuh berkisar 10 jam lebih, penumpang dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang dimiliki oleh kapal ini. Mulai dari tempat tidur, cafetaria indoor dan outdoor, mushalla bagi pria dan wanita, 12 unit kamar mandi, serta rooftop yang menawarkan pemandangan indah. Penumpang yang tertarik dengan seni fotografi tentu sangat cocok berada di tempat ini.

Ukuran KMP Aceh Hebat 1 lebih besar dibandingkan dengan kapal lainnya yang telah beroperasi di Aceh. Kapal ini memiliki panjang 69,06 meter dengan lebar 15,10 meter sehingga mempunyai kabin atau deck yang luas untuk menampung sebanyak 250 penumpang.

KMP Aceh Hebat 1 memiliki 3 fasilitas layanan bagi penumpang, di antaranya 106 tempat tidur untuk Ekonomi Kelas 1, 82 tempat tidur untuk Ekonomi Kelas 2, dan 62 tempat duduk bagi Ekonomi Kelas 3. Selain fasilitas untuk istirahat, juga tersedia ruang medis dan ruang menyusui bagi ibu-ibu.

Kapal berkapasitas 1.300 gross tonage (GT) ini juga mampu menampung 33 unit kendaraan dalam sekali berlayar. Pada deck kendaraan, tersedia 8 unit tempat tidur dan 4 unit kamar mandi. Bisa dibayangkan bagaimana kenyamanan yang dihadirkan KMP Aceh Hebat 1 bagi para pengemudi kendaraan logistik yang biasanya harus beristirahat di dalam kendaraan mereka.

Keunggulan KMP Aceh Hebat 1 lainnya adalah menggunakan teknologi bow visor pada haluan kapal yang berbentuk melengkung. Teknologi ini menjadikan kapal lebih stabil saat mengarungi lautan karena mampu membelah ombak yang tinggi. Meski berlayar dengan kecepatan 12 knot, penumpang tetap merasa nyaman saat berada di atas kapal.

Deck Outdoor Memanjakan di Aceh Hebat 2

KMP Aceh Hebat 2 memiliki desain yang menarik yang akan memanjakan wisatawan. Pada deck penumpang, KMP Aceh Hebat 2 memiliki ruang VIP yang mampu menampung 96 orang, ruang kelas ekonomi 2 dan 3 sebanyak 100 orang, serta ruang outdoor yang mampu menampung 56 orang. Ruang outdoor menjadi spot favorit bagi para penumpang yang ingin melihat keindahan pulau Weh atau bertemu lumba-lumba yang sering mengikuti kapal penyeberangan di tengah laut.

Selain ruang bagi penumpang, deck ini juga memiliki mushalla, kamar mandi, dan cafetaria bercorak kerawang Gayo yang siap melayani penumpang di kala lapar.

KMP Aceh Hebat 2 memiliki bobot mati 1.100 GT sehingga menjadikannya lebih besar dari KMP BRR yang telah beroperasi saat ini. Kapal ini sudah dilengkapi sejumlah teknologi canggih seperti peralatan navigasi dan komunikasi, serta perekam data pelayaran yang mengunakan System Automatic Indentification System (AIS).

Selain AIS, KMP Aceh Hebat 2 juga telah menggunakan teknologi bow thruster (25 KN), yaitu alat pendorong yang berfungsi untuk membantu kapal bermanuver. Biasanya, kapal berbadan besar sulit untuk melakukan manuver dengan diameter kecil. Dengan bow thruster, manuver kapal dapat diperkecil namun mampu menghasilkan putaran manuver yang besar.

Menikmati Keindahan Pulau Banyak di Rooftop Aceh Hebat 3

Mendukung kunjungan pariwisata ke Pulau Banyak, Aceh Singkil merupakan misi utama KMP Aceh Hebat 3. Kapal ini pun memiliki sejumlah fasilitas yang dapat membuat penumpang merasa nyaman. Salah satunya adalah rooftop kapal yang akan menjadi tempat pilihan bagi wisatawan. Dari tempat ini penumpang dapat mengeksplor keindahan Pulau Banyak dan mengabadikan setiap pengalaman yang dirasakan.

Pada ruang di bawahnya, KMP Aceh Hebat 3 memiliki ruang VIP yang mampu menampung 32 orang, ruang kelas bisnis sebanyak 96 orang, dan ruang ekonomi sebanyak 84 orang. Pada area ini juga terdapat cafetaria, mushallah, dan kamar mandi yang dapat diakses dengan mudah oleh penumpang.

KMP Aceh Hebat 3 memiliki kapasitas yang lumayan besar untuk menampung kendaraan dalam sekali berlayar. Memiliki panjang 54,50 meter dan lebar 13 meter, kapal ini mampu menampung 15 unit truk, dan 6 unit mobil. (Amsal)

Selengkapnya cek di laman:

Tabloid ACEH TRANSit

Comments are closed.

Close Search Window