Pelayanan Transportasi yang Aman dan Berkeselamatan Jadi Sorotan Utama

BANDA ACEH – Tuntutan masyarakat akan pelayanan transportasi yang aman dan berkeselamatan menjadi sorotan utama yang kerap diperbincangkan di media sosial maupun ruang diskusi lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Faisal, saat membuka Rapat Teknis Penguji Kendaraan Bermotor Terhadap Keselamatan Angkutan Orang di Hotel Ayani, Banda Aceh, Minggu, 24 Juli 2022.

Oleh sebab itu, tambah Faisal, peningkatan kualitas pelayanan dan keselamatan pengguna jasa dapat dilakukan melalui peningkatan kapasitas perhubungan, baik sumber daya manusia (SDM) maupun infrastruktur.

“Peningkatan kapasitas SDM tentu bertumpu pada kehandalan kinerja yang tinggi serta kemampuan manajerial yang memadai,” ujar Faisal.

Di samping itu, kata Faisal, penguatan koordinasi dan pengawasan perlu dilakukan secara intens agar mudah beradaptasi terhadap perubahan yang akan terjadi. Faisal mencontohkan, Pemerintah Indonesia kini semakin serius mendorong Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Tentu ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk meningkatkan kapasitas SDM pengujian kendaraan yang beradaptasi dengan perkembangan teknologi,” ujar Faisal.

Sementara itu, Kepala Seksi dan Angkutan Bidang LLAJ, Renny Anggeraeni Robin, selaku Ketua Pelaksana, melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh penguji kendaraan bermotor dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

Kegiatan peningkatan kapasitas abdiyasa teladan tahun ini mengusung tema “Peran penguji kendaraan bermotor dalam peningkatan kapasitas abdiyasa,” yang akan berlangsung hingga 26 Juli mendatang. (AM)