Berita, Informasi|

Sesuai instruksi dari Kementerian Perhubungan RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah I – Provinsi Aceh lakukan ujicoba alat tes Covid-19 bernama GeNose, di Kantor BPTD Aceh, Batoh, Banda Aceh, Senin pagi (12/4/2021).

Kepala BPTD Aceh, Ir. Mulyahadi, MSTR didampingi Kasubbag TU, Kepala Seksi, dan Korsatpel Terminal Tipe A Banda Aceh langsung menguji coba alat bantuan dari Ditjen Hubdat ini.

“Harapannya alat ini dapat bekerja maksimal bagi masyarakat. Apalagi Pemerintah saat ini sedang giat-giatnya memperbanyak tes Covid-19, terkhusus di sektor transportasi,” sebutnya.

Dilanjutkannya, GeNose C19 ini akan diterapkan serentak seluruh Terminal Tipe A di Indonesia.

“Kita terapkan mulai hari ini. Nantinya akan kita pilih 10 penumpang secara acak di tiap bus. Prioritasnya bagi orang tua, ada indikasi sakit, dan relawan yang bersedia mengecek kesehatannya,” ujarnya lagi.

Mulyahadi juga menyebutkan, penggunaan alat ini akan diperketat saat pelarangan mudik pada 6 – 17 Mei 2021. Tim BPTD yang telah terlatih menggunakan GeNose C19 akan siap bekerja baik di Terminal Tipe A maupun di Pelabuhan Penyeberangan.

GeNose C19 adalah hasil karya dalam negeri yang memiliki kelebihan mendeteksi Covid-19 secara cepat. Alat ini mampu mendeteksi Covid-19 berbasis hembusan nafas sebagai alternatif selain tes RT-PCR dan Rapid Test Antigen.

Kepada masyarakat yang akan menggunakan GeNose C19 diharuskan menghindari makanan dan minuman beraroma tajam 30 menit sebelum tes GeNose, seperti durian, kopi, petai, jengkol, bawang putih, dan rokok. Hal ini demi menjaga hasil akurasi sampel. (MR)

Comments are closed.

Close Search Window