ACEH TRANSit|

Sebuah adagium latin berbunyi “Si Vis Pacem, Para Iustitiam” yang berarti “Jika kamu mendambakan kedamaian, tegakkanlah keadilan”, menggambarkan bahwa keadilan itu merupakan faktor utama yang harus diperhatikan dalam pembangunan. Keadilan dalam membangun perekonomian, pendidikan, infrastruktur maupun trasnportasi mempunyai peran penting dalam memperkecil jurang kesenjangan dalam masyarakat terutama pada masyarakat kepulauan.

KMP Aceh Hebat sebagai perwujudan keadilan transportasi bagi masyarakat kepulauan, dalam konteks pengembangan wilayah kepulauan, memainkan peran sebagai unsur penunjang (servicing), yaitu penyediaan layanan transportasi bagi masyarakat, dan memberikan kepastian layanan transportasi logistik baik pada jadwal rutin maupun hari besar keagamaan yang menjaga harga agar tetap stabil serta membantu pengendalian inflasi di wilayah kepulauan.

Selain itu, KMP Aceh Hebat juga berperan sebagai unsur pendorong (promoting), yaitu sebagai penghubung wilayah kepulauan dengan pusat kegiatan wilayah di daratan yang diharapkan mampu mampu menstimulus pertumbuhan dan pengembangan potensi ekonomi wilayah kepulauan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, produksi perikanan tangkap pada Kota Sabang, Kabupaten Simeulue dan Aceh Singkil adalah 20,7 Ton dengan nilai sebesar Rp. 660,1 juta. Pada tahun yang sama, jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara pada ketiga wilayah kepulauan tersebut sebesar 760 ribu-an orang, dengan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 54 persen dari rata-rata 3 tahun terakhir.  Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa potensi ketiga wilayah kepulauan pada sektor-sektor basis perekonomian seperti perikanan dan pariwisata sangatlah besar.

Selain kedua sektor tersebut, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga berpotensi menjadi basis perekonomian masyarakat kepulauan, namun ada kebutuhan dari para pelaku UMKM untuk dapat mendistribusikan produk atau hasil usaha mereka ke luar wilayah kepulauan serta dapat membeli bahan baku dengan biaya dan jadwal pengiriman yang murah dan reliabel yang harus dipenuhi.

KMP Aceh Hebat memberikan kemudahan aksesibilitas serta mengakomodasi mobilitas orang/barang sebagai resultan interaksi ekonomi antar wilayah untuk mendukung sektor perikanan, pariwisata maupun UMKM dimana hal ini secara luas akan memberikan sumbangan positif pada peningkatan kinerja dan pertumbuhan ekonomi.  Kehadiran KMP Aceh Hebat diharapkan tidak hanya untuk melayani pertumbuhan ekonorni yang telah ada (ship follow the trade) namun juga dapat menumbuhkan kegiatan ekonomi atau potensi ekonomi (ship promote the trade) pada wilayah kepulauan. (Arrad Iskandar)

Download Majalah Aceh TRANSit Edisi Khusus KMP. Aceh Hebat

Comments are closed.

Close Search Window