Kereta api merupakan bagian penting dari transportasi seperti yang kita kenal sekarang. Dari penumpang hingga kargo, kereta api telah membantu kita mencapai tujuan selama berabad-abad. Tapi bagaimana perjalanan kereta api dimulai? Siapa sebenarnya penemu mesin ini?
Transportasi manusia dan barang yang efisien merupakan permasalahan yang telah ditangani oleh banyak penemu selama ribuan tahun, sejak peradaban modern pertama mulai menyebar dari Timur Tengah ke Afrika Utara.
Meskipun transportasi tidak berkembang banyak sebelum diperkenalkannya industri manufaktur dan listrik, setelah itu, para penemu melahirkan salah satu industri paling vital dalam peradaban manusia modern – industri kereta api. Di sini, kita menelusuri siapa yang menemukan kereta api dan bagaimana ide ini muncul.
Siapa Penemu Kereta Api?
Richard Trevithick, seorang insinyur dan penemu pertambangan asal Inggris, membangun kereta api pertama pada tahun 1804. Kereta api ini ditenagai oleh mesin uap dengan roda gila yang besar bahkan hingga aksi batang piston, sehingga memberikan dunia mesin pertama yang dapat mengangkut orang dalam jumlah besar. dan barang.
Bagaimana Ide Kereta Api Dicetuskan?
Cara transportasi yang efisien telah diteliti oleh banyak penemu selama berabad-abad bahkan ribuan tahun. Dan banyak penemuan seperti pengenalan listrik dan industri manufaktur menyebabkan berkembangnya industri kereta api.
Namun kelahiran kereta api tersebut tidak dilakukan dalam waktu singkat dan tidak dilakukan oleh satu orang saja. Sebaliknya, hal ini merupakan hasil upaya yang dilakukan oleh banyak orang selama berabad-abad. Meskipun demikian, mungkin mudah untuk menentukan dengan tepat orang yang menemukan kereta api . Namun, mencari tahu kembali orang-orang yang memberikan ide dasar transportasi kereta api, yang mendorong dibangunnya kereta api pertama, adalah hal yang lebih rumit.
Meskipun kekurangan tenaga uap, gas, dan listrik, dan tidak berfungsi secara maksimal, banyak contoh kereta api primitif dapat ditelusuri kembali ke masa lalu jauh sebelum kereta modern diperkenalkan.
Sejarah Singkat Kereta Api
Pada zaman dahulu, jalur kereta digunakan untuk mengangkut orang dan barang, dan ditarik oleh lembu atau kuda. Meskipun jalur kereta aman dan cepat pada saat itu, para penemu menginginkan lebih. Mereka menginginkan lokomotif otomatis yang dapat mengangkut barang dan orang secara efisien.
Pada tahun 1698, Thomas Savery menemukan mesin uap. Namun mesin uap pertama berkekuatan rendah sehingga tidak bisa digunakan untuk menggerakkan kereta api. Kemudian, pada tahun 1763, James Watt mengembangkan poros engkol yang mengubah tenaga uap untuk mencapai gerakan melingkar. Penemuannya menyebabkan terciptanya lokomotif bertenaga uap dan kapal uap.
Tidak lama kemudian, penemu asal Inggris Mathew Murray menjadi orang pertama yang membangun lokomotif bertenaga uap. Mengikuti Mathew, Richard Trevithick memamerkan seri kereta api.
Evolusi Kereta Api
Selama bertahun-tahun, kereta api telah berkembang dalam berbagai cara. Dan mereka akan terus berkembang dengan kemajuan teknologi baru.
1812-1848: Lokomotif Uap
Pada paruh pertama abad ke-19, lokomotif bertenaga uap secara bertahap mendapatkan popularitas dengan inovasi lokomotif Richard Trevithick.
George Stephenson, terkenal sebagai bapak kereta api, membangun jalur kereta api pertama dari Liverpool ke Manchester. Dia juga membangun banyak lokomotif eksperimental.
1879: Kereta Api yang Menggetarkan
Werner von Siemens, pendiri Siemens, mendemonstrasikan kereta penumpang listrik pada tahun 1879. Tak lama kemudian, pada tahun 1881, Siemens menciptakan jalur trem listrik pertama di dunia . Pada dekade berikutnya, terdapat peningkatan kebutuhan untuk mengendalikan polusi, yang seiring dengan perkembangan arus bolak-balik membantu berkembangnya kereta listrik.
1892-1945: Dieselisasi
Setelah diperkenalkannya mesin diesel, dilakukan penelitian tentang bagaimana solar dapat bermanfaat bagi perkeretaapian. Pada awal abad ke-20, ditemukan bahwa mesin diesel memiliki rasio daya terhadap kecepatan yang lebih besar dan sangat efisien. Setelah tahun 1945, mesin diesel membuat lokomotif uap menjadi langka di negara maju.
1945-Sekarang: Kereta Api Diesel-Listrik
Setelah mesin diesel menggantikan sistem kereta api bertenaga uap, para inovator mulai mengeksplorasi metode penggerak kereta api yang lebih efisien. Dan melalui eksperimen, disimpulkan bahwa dari semua sistem, diesel-listrik harus menjadi standar. Selain itu, sistem diesel-listrik semakin berkembang pada paruh kedua abad ke-20 hingga sekarang.
Kereta Api Revolusioner
Kereta Api Liverpool dan Manchester: Kereta api ini menempuh jarak 31 mil antara Liverpool dan Manchester. Kereta api bertenaga uap pertama yang mengangkut penumpang dan barang melintasi jalur kereta ini. Apalagi kereta api ini mengangkut lebih dari 500.000 penumpang dan kapas.
Jalur Kereta Api Baltimore dan Ohio: Pada tahun 1827, jalur kereta api ini menjadi jalur kereta api Amerika pertama yang beroperasi dengan jadwal reguler, dan mengangkut orang dan barang.
Kereta Api Panama: Pada tahun 1855, jalur kereta api Panama adalah yang pertama menghubungkan samudra Pasifik dan Atlantik. Hal ini membuat perjalanan melintasi lautan lebih mudah bagi penumpang yang melakukan perjalanan ke pantai Barat dan Timur AS.
Kereta Api Bawah Tanah Metropolitan: Kereta api mulai berjalan di bawah tanah pada tanggal 10 Januari 1863. Saat itulah kereta api menempati ruang bawah tanah yang tidak terpakai dan mengubah cara pengoperasian kereta api. Selain itu, kereta bawah tanah pertama di dunia merupakan jalur sepanjang empat mil yang mengangkut sekitar 30.000 penumpang pada hari pertama.
Manfaat Kereta Api
Berikut adalah beberapa keunggulan sistem kereta api dibandingkan sistem transportasi lainnya :
Keandalan: Kereta api sangat andal dan lebih aman dibandingkan pilihan transportasi lainnya dalam kondisi cuaca yang menantang seperti hujan, kabut, dll.
Kecepatan: Kecepatan kereta api tergolong tinggi dibandingkan alat transportasi darat lainnya. Itu sebabnya mereka sempurna untuk area dengan lalu lintas tinggi.
Organisasi: Kereta memiliki rute dan jadwal yang terorganisir dengan baik untuk menghindari masalah apa pun saat bepergian.
Cocok untuk kargo berat: Angkutan kereta api merupakan solusi ekonomis bagi banyak produsen, karena muatan berat dapat diangkut secara efisien dengan kereta api dan memakan waktu lebih sedikit dibandingkan perjalanan melalui jalan darat.
Terjangkau: Harga kereta api terjangkau, artinya masyarakat dari semua lapisan masyarakat mampu melakukan perjalanan dengan kereta api.
Keamanan: Kereta api juga lebih aman dibandingkan alat transportasi lain dalam hal kecelakaan.
Daya dukung yang besar: Bervariasi sesuai kebutuhan, kereta api memiliki daya dukung yang besar dan fleksibel.
Ramah lingkungan: Kereta api adalah moda transportasi yang paling ramah lingkungan, menjadikannya pilihan tepat bagi siapa pun yang mempertimbangkan pelayaran ramah lingkungan.
Penemuan Kereta Api Membuka Jalan Transportasi Seperti Yang Kita Kenal Saat Ini
Setelah membaca artikel ini, Anda pasti tahu siapa penemu kereta api dan bagaimana penemuan ini membuka jalan bagi transportasi seperti yang kita kenal sekarang. Kini, kereta api dianggap sebagai salah satu moda transportasi paling andal dan ramah lingkungan. Dengan kemajuan teknologi yang terus meningkat, kita belum bisa melihat seperti apa masa depan transportasi kereta api bagi kita.(*)}
Sumber: unival-logistics.com