Konter Tiket Pelabuhan Ulee Lheue Guna Optimalisasi Pelayanan

BANDA ACEH – Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Faisal meninjau kesiapan Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue menghadapi lonjakan pergerakan orang pada masa mudik lebaran dan cuti bersama tahun 2023, Banda Aceh, Senin, 3 April 2023.

“Di Pelabuhan Ulee Lheue kita meningkatkan beberapa fasilitas pelabuhan untuk kelancaran dan kenyamanan pengguna jasa, salah satunya konter tiket yang terpusat di satu tempat,” ungkap Teuku Faisal.

Penyediaan konter tiket terpadu ini dalam rangka optimalisasi serta efisiensi pelayanan di pelabuhan. Sehingga masyarakat saat berada di pelabuhan memperoleh kenyamanan dan keamanan yang lebih baik. “Nantinya, calon penumpang yang ingin menaiki kapal ferry ro-ro atau kapal cepat bisa beli tiket di sini,” ujarnya.

Selain itu, Dishub Aceh juga meningkatkan kapasitas shelter untuk antrian roda 2 yang akan masuk ke kapal, automatic gate untuk penumpang, dan fasilitas cashless untuk pembayaran retribusi di dalam area pelabuhan.

Di samping itu, pengawasan terhadap keamanan operasional angkutan penyeberangan juga perlu mendapat perhatian serius. Koordinasi dengan pihak BPTD Wilayah 1 Aceh terkait pengawasan operasional penyeberangan juga dilakukan dalam kunjungan tersebut.

“Pengalaman mudik lebaran tahun sebelumnya menjadi modal dan bekal penting untuk meningkatkan kinerja pelayanan angkutan penyeberangan tahun ini. Mengingat, mudik lebaran kali ini berbarengan dengan libur sekolah dan cuti bersama,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Pemerintah resmi menetapkan cuti bersama lebaran tahun 2023 menjadi 7 hari (19-25 April) melalui SKB 3 Menteri tentang perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

“Oleh sebab itu, Pelabuhan Ulee Lheue sebagai pintu gerbang kunjungan pariwisata ke Sabang harus siap menghadapi lonjakan arus penumpang nantinya,” sebutnya.

@teuku_fsl┬ájuga mengimbau masyarakat agar dapat memantau kondisi angkutan penyeberangan di Pelabuhan Ulee Lheue melalui media sosial Dishub Aceh sebelum melakukan perjalanan. “Kita berharap masyarakat bisa merencanakan perjalanan wisata dengan baik supaya tidak terjadi antrian kendaraan cukup panjang di pelabuhan, khususnya saat peak-season,” tuturnya.(AM)

Skip to content