Berita, Informasi|

Terminal Tipe B berperan penting dalam meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas suatu wilayah. Dilatarbelakangi Aceh sebagai wilayah dengan kondisi geografis yang sangat kompleks, transportasi darat merupakan salah satu moda yang tepat dalam menjalankan akitivitas. Oleh karenanya, sudah menjadi kewajiban Pemerintah Aceh melalui Dinas Perhubungan harus mampu memetakan strategi rencana pengembangan dan penyelenggaraan kebutuhan terminal di Aceh.

Menyikapi hal ini, Dishub Aceh melalui UPTD Penyelenggaraan Terminal Tipe B melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) mengangkat tema Survey Kepuasan Pengguna Jasa Terminal Tipe B Provinsi Aceh di Banda Aceh, Kamis (3/12/2020).

Kadishub Aceh Junaidi S.T., M.T., dalam pidatonya yang dibacakan Sekretaris Dishub Aceh, T. Faisal, S.T., M.T., mengatakan Aceh sebagai salah satu daerah yang memiliki kewenangan khusus dalam Pemerintahan, melalui Undang-Undang Pemerintah Aceh memiliki kewenangan dalam membangun dan mengelola Terminal Tipe B.

“Kesempatan ini harus kita manfaatkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Aceh, khususnya di sektor transportasi. Salah satunya adalah memastikan kebutuhan dasar infrastruktur masyarakat dapat berfungsi dengan baik,” sebut Faisal.

Berpedoman kepada Rencana Tata Ruang Aceh, konsep pengembangan terminal diarahkan melalui peningkatan peran masyarakat dalam pemanfaatan terminal di Aceh.

Sebagaimana kita ketahui bersama saat ini sebagian besar pelayanan terminal tipe B di Aceh masih kurang memuaskan, Tentunya perlu ada upaya-upaya yang agresif untuk mengoptimalkan fungsi terminal tipe B yang ada di provinsi Aceh. Tidak hanya menjalankan fungsi terminal dan transportasi, tapi juga dapat meningkatkan fungsi sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan.

Hadir sebagai tenaga Ahli Dr. Eng. Sugiarto, ST, M.Eng dari Fakultas Teknik Univesitas Syiah Kuala. Hadir pula Pejabat Struktural Dishub Aceh, serta Koordinator Terminal Tipe B dari berbagai Kabupaten/Kota di Aceh. (MR)

Comments are closed.

Close Search Window