Informasi|

Kondisi penumpang menikmati suasana senja di area terbuka/rooftop saat pelayaran dari Pulau Banyak menuju Singkil pada 20 Mei 2021.

Langit berwarna biru cerah bermotifkan gumpalan awan keabu-abuan, gelombang laut berderetan mengikuti arah angin seraya menciptakan bulir kristal dari tempias sinar surya. Semilir angin menyeka ujung pakaian yang dikenakan sang penjelajah di atas kapal laut. Si penjelajah menjadikan Sabang, Pulau Banyak, dan Simeulue sebagai destinasi yang wajib dikunjungi pada kesempatan kali ini. Sebuah pulau yang eksotis nan indah di ujung Pulau Sumatera menjadi tempat wisata andalan, apalagi penikmat gunung dan pantai.

Dari sebuah geladak atas kapal, kalau bahasa milenialnya disebut rooftop, menjadi tempat populer untuk menikmati sebuah pemandangan dari atas sebuah bangunan dengan sebagiannya saja yang tertutupi atap. Seperti momen menikmati panorama laut dengan semilir anginnya membawa aromanya segar yang bercampur bau garam yang sangat khas dari atas KMP. Aceh Hebat.

Geladak atas KMP. Aceh Hebat yang didesain khusus dengan konstruksi terbuka yang terletak pada lantai atas kapal. Dari sini, penumpang kapal dapat menikmati riak gelombang dari putaran-putaran baling-baling yang menyeruak ke permukaan. Sekaligus, menyaksikan buritan kapal yang mulai menjauh dari daratan. Jajaran pepohonan hijau dan bukit barisan tampak indah tergambar dari geladak ini. Pantulan sinar matahari dengan tepisan angin sepoi menambah kehangatan pelayaran kala itu.

Namun, jika hujan mengguyur sekaligus angin menerpa, bagian ini akan terkena tempias hujan. Para penumpang akan basah diterpa gerimis dan lantai tersapu air hujan. Namun, air hujan akan turun menuju ke dek bawah melalui saluran pembuang yang berada di empat titik. Ironinya, saat sampah dibuang dengan semena-mena tanpa rasa peka dan peduli, sampah pun akan ikut terseret ke saluran tersebut. Mungkin, kita sering kali menyepelekan sehelai sampah. Misalkan saja, puntung rokok yang dibuang sembarang, tergerus air hujan mengalir ke saluran. Dan apa yang akan terjadi? Sampah akan menyumbat saluran dan menyebabkan genangan air hujan yang turun deras menjadi lebih banyak dan meninggi.

Demi kenyamanan bersama, sampah menjadi tanggung jawab kita bersama, satu sampah akan membawa malapetaka bagi kita juga. Bersama-sama kita menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya. Bersih tempat, nyaman beraktivitas. (Misqul Syakirah)

Download Majalah Aceh TRANSit Edisi Khusus KMP. Aceh Hebat

Comments are closed.

Close Search Window