Kloter Terakhir Jemaah Haji Aceh Tiba dengan Selamat

ACEH BESAR – Kelompok terbang (kloter) terakhir jemaah haji asal Aceh telah tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar pada pukul 21.15 WIB, Senin, 1 Agustus 2022.

Para jemaah asal Aceh yang tergabung dengan debarkasi Sumatera Utara ini pulang menggunakan pesawat Garuda Indonesia bernomor penerbangan GA3120.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Faisal bersyukur pemulangan jemaah haji asal Aceh berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah seluruh jemaah sudah tiba di Aceh dengan selamat,” ujar Faisal.

Keberhasilan pelaksanaan angkutan udara haji tahun 2022 ini, kata Faisal, tidak terlepas dari koordinasi yang intens seluruh stakeholder di Bandara SIM.

Oleh karena itu, Faisal menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, baik secara langsung maupun tidak. “Kerjasama yang baik ini patut kita pertahankan supaya pelayanan terhadap para tamu Allah pada tahun-tahun berikutnya berjalan semakin baik,” ungkap Faisal.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banda Aceh, Yusri menyebutkan bahwa seluruh jemaah haji yang tiba di Aceh dalam keadaan sehat.

Meskipun begitu, Yusri menyebutkan, pihaknya tetap merujuk pada Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang terbaru dalam menangani setiap pelaku perjalanan dari luar negeri, yaitu melakukan pemeriksaan swab antigen di asrama haji. “Alhamdulillah, sampai saat ini hasilnya negatif,” ungkapnya.

Yusri menambahkan, setiap jemaah yang baru tiba akan diberikan Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji (K3JH) untuk dilakukan pemantauan selama 21 hari. “Artinya, jika jemaah sakit ketika sampai di daerah, mereka dapat melaporkan ke puskesmas terdekat,” jelasnya.

Penerbangan terakhir jemaah haji asal Aceh ini bertolak dari Bandara Internasional Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah pada pukul 09.15 waktu Arab Saudi dengan pesawat Boeing 777-300 ER. (AM)