Berita, Informasi|

Salam Rakan Moda, kali ini kita ingin berbagi tips nih, supaya Rakan bisa berkendara dengan aman dan sehat saat berpuasa. Supaya puasanya tidak terganggu dari hal-hal yang tidak dinginkan, selalu cek kondisi kendaraan sebelum beraktivitas. Perhatikan juga konsumsi makanan dan air untuk tubuh saat sahur. Kemudian, istirahat yang cukup bila sudah merasa lelah. Jangan paksakan berkendara bila kondisi tubuh tidak fit saat berpuasa. Apa saja yang perlu dilakukan supaya tetap aman? Yuk simak infonya berikut!

Mengecek Kondisi Kendaraan

Sebelum Berkendara, cek kondisi kendaraan adalah hal yang wajib baik saat berpuasa ataupun tidak. Tapi, ketika berpuasa sebaiknya kita lebih memperhatikan hal ini agar memastikan kondisi kendaraan aman untuk digunakan. Karena jika terjadi permasalahan di jalan seperti mogok, ban kempes, dan sebagainya akan terasa lebih  melelahkan dan menguras emosi.

Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Nah Rakan Moda tahu kan akibatnya jika terlaly banyak konsumsi karbohidar ketika sahur? Ya! Kita akan lebih cepat meras lelah dan ngantuk. Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidar tinggi ya dan perbanyaklah makan makanan yang mengandung protein dan vitamin.

Perbanyak Minum Air Putih

Saat menjalankan ibadah puasa, kita pasti tetap berkewajiban beraktivitas seperti berkendara untuk kerja atau sekolah. Kemudian, kita akan cepat merasa dehidrasi dan lelah. Perbanyaklah minum air putih ketika berbuka dan sahur, kalo bisa kurangi konsumsi makanan yang manis karena akan memicu rasa haus berlebih.

Istirahat yang Cukup

Pada umumnya rasa kantuk sering datang saat kita berpuasa. Sebaiknya Rakan Moda lebih memperhatikan kondisi tubuh. Tidur cukup selama 8 jam sangat dianjurkan dan apabila sedang di perjalanan kemudian mengantuk, istirahat, dan tidurlah sejenak. Ingat, jangan memaksakan tetap mengemudi ya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menjaga Emosi Saat Berkendara

Hal ini sering dilupakan oleh kita yang berkendara, padahal di jalan kita bisa bertemu dengan siapa pun dan mungkin pengendara lain melakukan hal-hal yang tidak diharapkan seperti menyerobot, seenaknya memutar, dan sebagainya. Kita harus tetap bersabar dan menahan emosi ketika menghadapinya. (*)

Comments are closed.

Close Search Window