ACEH TRANSit|

Pandemi Covid-19 menjadi sebuah tantangan besar bagi pergerakan ekonomi Indonesia dan dunia. Dengan mendorong sektor pariwisata untuk kembali bergeliat, maka beberapa sektor lain pun akan turut kembali bernafas seperti misalnya sektor kuliner, seni dan budaya, transportasi, migas, energi, dan tentunya sektor UMKM.

Aceh salah satu provinsi di Indonesia yang juga memiliki  cukup banyak potensi destinasi wisata kepulauan dengan panorama yang begitu indah, cukup  mengundang minat wisatawan untuk menikmatinya,  juga terdapat hasil alam dan hasil laut  daerah yang cukup berpotensi meningkatkan devisa daerah tersebut, sudah sewajarnya Aceh butuh alat transpotasi kapal baru guna mewujudkan transportasi berkeadilan yang setara dengan wilayah daratan. Untuk itu, Pemerintah Aceh melalui Dinas Perhubungan pada tahun 2019 lalu telah melakukan membangun kapal baru. Pada akhir 2020 ketiga kapal baru tersebut pun telah didatangkan dari galangannya dan diberi nama KMP. Aceh Hebat 1, 2 dan 3. (KMP. AH-1, AH-2 dan AH-3).

Guna mempercepat proses mengurangi kesenjangan konektivitas antar pulau maka pada awal 2021 ketiga kapal tersebut resmi diluncurkan oleh Pemerintah Aceh dalam hal ini Nova Iriansyah didampingi Kadishub Aceh Junaidi. beserta unsur instansi terkait dan General Manager PT. ASDP Cabang Banda Aceh meresmikan pelayaran perdana KMP. AH-2 yang melayani penyeberangan Ulee Lheue-Balohan Sabang pada tanggal 30 Januari 2021 lalu. Selanjutnya pada tanggal 9 Maret 2021 secara bersamaan diresmikan pelayaran perdana KMP. AH-1 di Calang dan KMP. AH-3 di Singkil. Kini ketiga KMP. Aceh Hebat sudah rutin mengarungi lautan Aceh di ketiga rute tersebut.

KMP. AH-1 melayani penyeberangan Calang- Sinabang. Penyeberangan pantai barat yang cukup jauh dan padat aktivitas lintas orang dan logistik. Yang tadinya hanya dilayani oleh 1 kapal yakni KMP. Teluk Sinabang. Berarti, kini dengan adanya KMP. AH-1 diharapkan semakin meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Pulau Simeulue serta arus kunjungan wisata.

Sedangkan KMP. AH-3 melayani penyeberangan Singkil – Pulau Banyak. Wilayah pelayaran ini cukup menarik, karena Kabupaten Singkil memiliki destinasi wisata kepulauan yang menawan dan mulai dikenal masyarakat luas yakni kepulauan Pulau Banyak. Untuk meningkatkan jumlah wisatawan dan perekonomian masarakat setempat maka Pemerintah Aceh merasa layak wilayah ini mendapatkan satu kapal baru.

Potensi Destinasi wisata Pulau Banyak Singkil

Pulau Banyak merupakan wilayah tujuan wisata gugusan puluhan pulau-pulau indah yang memiliki kekhasan panorama berbeda yang sudah mulai dikenal masyarakat luas, berpotensi jadi destinasi wisata pantai yang menguntungkan Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Singkil. Dengan adanya KMP. Aceh Hebat 3. Harapan pelaku wisata setempat untuk maju, besar kemungkinan akan tercapai dalam waktu secepatnya. Diakui oleh Kadisbudpar Singkil Edi Hartono, saat ini dengan adanya KMP. Aceh Hebat 3 mulai terlihat ada kenaikan wisatawan, apalagi ke depan saat ini sudah ada investor dari negara Uni Emirat Arab (UEA) yang ingin membangun fasilitas wisata dibeberapa pulau yang sudah mereka survei

Tadinya sarana penyeberangan yang ada menuju Pulau Banyak cuma satu kapal feri yang berlayar seminggu hanya dua kali. Sehingga banyak pelaku ekonomi dan wisatawan menggunakan perahu nelayan setempat yang tentunya sangat beresiko apalagi di saat cuaca tidak bersahabat.

“Untuk memenuhi peningkatan minat kunjungan wisatawan ke Pulau Banyak, kalau bisa jadwal kapal feri juga harusnya ada penambahan”, ujar Edi. Semoga harapan ini bisa terwujud dalam waktu dekat. Agar manfaat adanya KMP. AH-3 ini semakin cepat dirasakan oleh pelaku wisata dan masyarakat Kabupaten Singkil dan sekitarnya.

Simak Video KMP. Aceh Hebat: Kini Kita Lebih Dekat

Senada dengan harapan Edi Hartono, Kadisbudpar Simeulue Asmanuddin juga sangat antusias berharap dengan kehadiran KMP. Aceh Hebat 1 akan menjadi urat nadi peningkatan pariwisata Simeulue. Rivaldi, wisatawan asal Sumatera Utara yang sudah beberapa kali berkunjung ke Pulau Banyak, merasa senang karena baru tahu kalau sudah ada kapal KMP. Aceh Hebat 3 yang berlayar setiap hari pulang pergi (PP) ke Pulau Banyak, sehingga tidak harus berlayar dengan boat nelayan jika kondisi cuaca kurang baik. Rajabuddin, pelaku wisata Sabang yang kesehariannya menyewakan peralatan menyelam di Iboih sangat merasakan dampak positif dengan keberadaan Kapal Aceh Hebat, apalagi ditengah pandemi yang sempat membuat sepi pengunjung di Pulau Weh.

Pak Itam, pengusaha wisata di Pulau Banyak, tentu akan merekomendasikan naik Kapal Aceh Hebat kepada calon wisatawan yang ingin menuju Pulau Banyak, karena pasti lebih nyaman. Kegembiraan ini juga disampaikan oleh Wandi, tour guide wisatawan Pulau Banyak, karena sudah ada jadwal penyeberangan yang rutin, wisatawan tidak lagi ragu jika ingin berlibur ke Pulau Banyak.

Hampir semua penumpang, baik pelaku ekonomi dan wisata merasa sangat terbantu dengan adanya tiga KMP Aceh Hebat ini.  Mereka berharap semakin bisa meningkatkan perekonomian dan wisata daerah setempat.(Dewi Suswati)

Download Majalah Aceh TRANSit Edisi Khusus KMP. Aceh Hebat

Comments are closed.

Close Search Window