KEGIATAN PELAJAR PELOPOR DAPAT MENINGKATKAN KESADARAN BERLALU LINTAS

Kategori : Peristiwa Rabu, 23 Agustus 2017

Guna meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas, mengurangi resiko kecelakaan akibat perilaku sebagai pengguna jalan, menanamkan dan membangun kesadaran generasi muda melalui pelajar sebagai pelopor berprilaku tertib lalu lintas dan angkutan sebagai suatu kebutuhan serta menyebarluaskan tentang keselamatan jalan dikalangan generasi muda selaku pelajar. Salah satunya adalah melibatkan peran pelajar dalam keselamatan berlalu lintas, guna lebih mengantisipasi terhadap gangguan keselamatan lalu lintas.

Kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Keselamatan LLAJ tahun 2017 memiliki tujuan yaitu : meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas, mendorong terwujudnya pelajar yang berkualitas, berdisiplin dan bertanggung jawab serta peduli terhadap keselamatan berlalu lintas di jalan dan mendorong terwujudnya penurunan jumlah pelanggaran lalu lintas, kejadian kecelakaan dan tingkat fatalitas akibat kecelakaan terutama yang disebabkan oleh faktor pengemudi.

Melalui Dinas Perhubungan Aceh, kegiatan penyelenggaraan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Provinsi Tahun 2017 dilaksanakan mulai tanggal 22 Agustus 2017 s/d 25  Agustus 2017 yang bertempat di Hotel 88 Banda Aceh. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 23 orang pelajar SMU/Sederajat yang merupakan perwakilan dari berbagai SMU/Sederajat dari berbagai Kabupaten/Kota se-provinsi Aceh. Pemateri disampaikan oleh Dinas Perhubungan Aceh, DITLANTAS POLDA, KNPI Aceh, Universitas Syiah Kuala dan Kementerian Perhubungan.  Peserta yang memperoleh predikat terbaik tingkat Provinsi Aceh akan diikutsertakan ke tingkat Nasional sebagai Duta Aceh pada bulan Oktober 2017 di Jakarta dimana semua biaya dan akomodasi peserta ditanggung oleh Dinas Perhubungan Aceh.

Sebelumnya, pada tahun 2016 Duta Aceh untuk kegiatan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ berhasil meraih peringkat 9 Tingkat Nasional atas nama Sausan Syadza dari SMA Negeri Modal Bangsa Arun Lhokseumawe dan terpilih kembali bersama perwakilan 20 Provinsi lainnya ke Bogor Cisarua pada tanggal 5 – 8 Mei 2017 untuk melakukan presentasi rencana Kegiatan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ.

Dengan materi yang diberikan oleh para penyuluh diharapkan akan mampu meningkatkan kapasitas pelajar peduli keselamatan, selain meningkatkan kepedulian pelajar terhadap keselamatan berlalulintas di jalan, pelajar mampu menjadi contoh bagi masyarakat dalam berlalu lintas yang selamat sehingga dengan demikian akan mampu menciptakan suatu kondisi lalu lintas yang aman, tertib dan nyaman di lingkungannya. (DW)

 

Jumlah Pengunjung : 96

Sosial

Jadwal Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32