Indeks Berita

Menkominfo: Kenaikan Akses Data Terjadi Saat Lebaran

Jumat, 23 Juni 2017 Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan momentum lebaran biasanya terjadi kenaikan akses data yang luar biasa. “Secara industri sudah naik di atas 50%,” ujarnya saat memantau jaringan telekomunikasi secara nasional melalui Indosat Ooreddo Network Operation Center (I-NOC), Command Center serta Digital Engagement Center (DEC) dan Ruangan Service Operation Center Net1 Indonesia di Jakarta, Kamis (22/06/2017)

Mudik Bareng Guyub Rukun, Komitmen Pemerintah Layani Masyarakat

Jumat, 23 Juni 2017 Mudik Bareng Guyub Rukun merupaka. salah satu wujud komitmen pemerintah untuk memberikan layanan kepada masyarakat yang sedang mudik.

Menkominfo Inginkan Layanan Kominfo Lebih Cepat dan Online

Kamis, 22 Juni 2017 Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menginginkan pelayanan perijinan di sektor komunikasi dan informatika dapat dilaksanakan lebih cepat dan efisien. "Persyaratan menjadi lebih sederhana, pemangkasan prosedur dan lamanya waktu pelayanan menjadi jauh lebih cepat yang tentu juga dibarengi dengan pelayanan publik secara online,” katanya dalam Peresmian Pelayanan Prima di Gedung Utama Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (21/06/2017).

Siaran Pers No. 74/HM/KOMINFO/06/2017 tentang Pelayanan Prima Kementerian Kominfo Resmi Berjalan

Rabu, 21 Juni 2017 Dalam rapat terbatas pada Selasa, 20 Juni 2017, di Kantor Presiden, Jakarta, Kepala Negara menekankan pemanfaatan teknologi informasi melalui penerapan pemerintah-el (e-government). Karena di era teknologi informasi yang pesat ini, kecepatan merupakan suatu hal yang sangat penting. "Jangan sampai kita jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain dalam pelayanan publik dan administrasi kepada warga," ujar Presiden Joko Widodo.

Era Konvergensi Media, Pekerja Media Perlu Lebih Kreatif dan Solutif

Rabu, 21 Juni 2017 Era konvergensi media yang berlangsung saat ini memungkinkan profesional media massa menyampaikan berita dan menghadirkan informasi dan hiburan tak hanya dalam satu platform media, oleh karena itu pekerja media perlu lebih kreatif dalam menyediakan konten kepada khalayaknya. “Profesional media dapat menggunakan berbagai macam media untuk penyampaian berita. Dan yang penting membuka peluang konsumen memilih tingkat interaktivitas memilih kontennya,” kata Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa Gun Gun Siswadi dalam Diskusi Ahli di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/6/2017).

Menkominfo: Aplikasi "Ayo Mudik" Buat Pemudik Nyaman

Selasa, 20 Juni 2017 Pemerintah terus berupaya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pemudik. Salah satunya melalui penyediaan layanan aplikasi “Ayo Mudik” oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan beberapa kementerian dan lembaga. “Kita coba membuat nyaman pemudik untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, lebih baik, dan lebih terintegrasi,” kata Menteri Kominfo Rudiantara saat konferensi pers “Mudik Bareng Guyub Rukun” di Ruang Serbaguna, Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (19/06/2017).

Siaran Pers No. 73/HM/KOMINFO/06/2017 Tentang Kesiapan Layanan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam Mudik Lebaran 2017

Senin, 19 Juni 2017 Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Operator Telekomunikasi (Telkom, Telkomsel, Indosat, XL, Hutchison 3 Indonesia (Tri), Smartfren, Smart Telecom dan Sampoerna Telekom Indonesia), Lembaga Penyiaran, dan stakeholder terkait lainnya menyatakan layanan Kominfo terkait jaringan telekomunikasi, penyiaran, dan aplikasi "Ayo Mudik" siap untuk mengatasi peningkatan dan pergerakan trafik saat mudik lebaran dan arus balik lebaran 2017 termasuk kesiapan Pos dan dukungan kompomen masyarakat terkait seperti ORARI dan RAPI.

Gerakan Literasi Nasional Pos Indonesia Resmi Diluncurkan

Sabtu, 17 Juni 2017 Program Pemerintah Gerakan Literasi Nasional Pos Indonesia secara resmi diluncurkan di Kantor Pos Jakarta Timur, Sabtu (17/6). Diharapkan melalui program ini mampu menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap buku dan mendukung pemerataan pendidikan melalui budaya literasi.

Menkominfo: Berani dan Tidak Setengah-setengah Berinovasi!

Sabtu, 17 Juni 2017 Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut adanya potensi ketidakpastian dalam kemajuan inovasi teknologi berbasis digital. Oleh karena itu ia mengingatkan perlunya keberanian untuk menggunakan inovasi dan teknologi. “Memajukan teknologi harus ada keberanian dan tidak setengah–setengah. Selalu berjalan beberapa langkah ke depan, jangan hanya melihat di depan mata saja," katanya dalam acara Anugerah Indonesia Digital Innovation Award 2017 di Pullman Hotel Jakarta, Jumat (16/06/2017) kemarin.

Hasil Evaluasi Jaringan Selular di Medan Baik, Siap Layani Arus Mudik 2017

Sabtu, 17 Juni 2017 Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) melakukan pengujian kesiapan jaringan telekomunikasi di kawasan Kota Medan, Sumatera Utara. "Dari pengujian yang dilaksanakan sepanjang bulan Mei sampai Juni, hasilnya secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik sekali. Sehingga jaringan telekomunikasi selular di Medan dan sekitarnya siap melayani arus mudik, lebaran dan arus balik 2017," kata Komisioner BRTI Muhammad Imam Nashiruddin dalam kegiatan Jumpa Pers yang diadakan di JW Mariot Hotel, Medan, Sumatera Utara, Jumat (16/06/2017).

300 Truk Mini Penguat Sinyal Disiapkan untuk Mudik

Jumat, 16 Juni 2017 Tak terasa mudik Lebaran 2017 sudah di depan mata. Kementerian dan lembaga terkait wajib hukumnya menyediakan fasilitas, infrastruktur dan layanan terbaik untuk mudik.

Pemerintah Luncurkan Aplikasi 'Ayo Mudik', Siap Diunduh

Jumat, 16 Juni 2017 Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika serta sejumlah kementerian lain telah meluncurkan aplikasi yang dinamai aplikasi 'Ayo Mudik'. Aplikasi itu bertujuan mendukung kelancaran masyarakat pada mudik tahun ini.

Menkominfo Tegaskan Frekuensi 700 MHz untuk Broadband

Jumat, 16 Juni 2017 Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan pita frekuensi radio 700 MHz akan disediakan untuk penggunaan layanan jaringan pita lebar (broadband).

Menteri Rudiantara Kerahkan 300 Mobil BTS Jelang Mudik Lebaran

Jumat, 16 Juni 2017 Kementerian Komunikasi dan Informatika bakal menyebar 300 mobil Base Transceiver Station (BTS) di titik-titik jalur mudik lebaran 2017. Hal ini untuk memberikan pelayanan kepada pemudik.

Gandeng Kudo, Kemkominfo Rilis Aplikasi Ayo Mudik

Jumat, 16 Juni 2017 Untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan selama Mudik Lebaran 2017, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama para menteri dan kepala lembaga lainnya meluncurkan aplikasi Ayo Mudik.

Menkominfo soal organisasi Badan Siber: Kami ingin lebih cepat!

Jumat, 16 Juni 2017 Pemerintah akhirnya telah menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 53 tahun 2017 terkait dengan pembentukan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Selanjutnya BSSN ini akan dikomandoi oleh Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan.

Indonesia pamer aksi transformasi digital di WSIS Forum 2017

Jumat, 16 Juni 2017 Indonesia mempresentasikan aksi transformasi digital yang tengah dilakukan di ajang World Summit on the Information Society Forum 2017 (WSIS Forum 2017) yang digelar pada tanggal 12-16 Juni 2017 di Jenewa.

Riset: Kesadaran Keamanan Siber Di Masyarakat Masih Rendah

Jumat, 16 Juni 2017 Serangan ransomware wannacry beberapa waktu lalu diakui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) turut andil mendorong lahirnya Badan Siber dan Sandi Negara.

Pajak Google tuntas, Kominfo Siapkan Permen OTT

Jumat, 16 Juni 2017 Penyusunan Peraturan Menteri mengenai over the top (Permen OTT) mulai mendapatkan titik cerah. Ini setelah komitmen Google Asia Pacific Pte Ltd untuk melunasi utang pajaknya di Indonesia sesuai dengan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) 2016. Kabar baik tersebut disambut positif oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara.

Google Setuju Bayar Pajak, Kominfo: Mereka Jaga Reputasi

Jumat, 16 Juni 2017 Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara optimistis penanganan pajak perusahaan teknologi raksasa Google oleh Kementerian Keuangan akan berakhir baik. Hal ini mengingat sudah adanya kesepakatan antara Google dan Indonesia mengenai pembayaran pajak mereka tahun 2016.

Dukung Kelancaran Mudik, Pemerintah Luncurkan Aplikasi "Ayo Mudik"

Kamis, 15 Juni 2017 Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meluncurkan aplikasi informasi jalur mudik terintegrasi “Ayo Mudik” di Gedung Kemenhub, Jakarta, Kamis (15/06/2017).

Siaran Pers No. 72/HM/KOMINFO/06/2017 tentang Peluncuran "Aplikasi Ayo Mudik" sebagai Aplikasi Mudik Terpadu Pertama bagi Masyarakat Luas

Kamis, 15 Juni 2017 Saatnya Mudik Lebaran 2017 telah tiba. Berbagai program Pemerintah gencar digalakkan untuk mendukung mudik lebaran ini mulai dari ketersediaan infrastruktur fisik jalan raya dan jalan tol, penyeberangan, kesiapan bandara dan terminal, kesiapan jaringan telekomunikasi dan lain-lain termasuk daya dukung seperti kebutuhan bahan bakar, peredaran uang, serta dukungan layanan lainnya termasuk layanan telekomunikasinya.

Siaran Pers No. 71/HM/KOMINFO/06/2017 Tentang Proses Transformasi Digital Indonesia Menuju Visi Ekonomi Digital Indonesia 2020 pada World Summit on the Information Society Forum 2017

Kamis, 15 Juni 2017 World Summit on the Information Society Forum 2017 (WSIS Forum 2017) yang digelar pada tanggal 12-16 Juni 2017 di Jenewa menjadi pertemuan tahunan multistakeholder TIK yang di diselenggarakan bersama oleh International Telecommunication Union (ITU), United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), United Nations Development Programme (UNDP) and United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Kominfo Gelar Buka Puasa Bersama Mitra Kerja

Rabu, 14 Juni 2017 Keluarga Besar Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Buka Puasa Ramadhan 1438 H bersama mitra kerja di lapangan Anantakupa Kantor Pusat Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Siaran Pers No. 70/HM/KOMINFO/06/2017 Tentang Empat Inisiatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia Raih Penghargaan PBB

Rabu, 14 Juni 2017 Empat inisiatif Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) Indonesia berhasil meraih penghargaan World Summit on the Information Society (WSIS) Prize 2017 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) – International Telecommunication Union (ITU) yang dianugerahkan pada pertemuan WSIS Forum 2017 di Markas Besar ITU di Jenewa, Swiss, pada tanggal 12-16 Juni 2017.

Siaran Pers No. 69/HM/KOMINFO/06/2017 tentang Fatwa Majelis Ulama Indonesia mengenai Hukum dan Pedoman Bermuamalah melalui Media Sosial

Senin, 05 Juni 2017 Menyikapi perkembangan penggunaan media sosial di tengah-tengah masyarakat yang tidak hanya baik tetapi dapat juga berpotensi menimbulkan ketidakharmonisan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara, Kementerian Kominfo menyambut baik adanya Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 24 Tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah melalui Media Sosial. Fatwa diserahkan oleh Ketua MUI KH Ma’ruf Amin kepada Menteri Kominfo Rudiantara di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Senin (5/6/2017) petang.

Siaran Pers No. 68/HM/KOMINFO/06/2017 tentang Hasil Diskusi Media “Persiapan Mudik yang Aman dan Nyaman”

Jumat, 02 Juni 2017 Diskusi Media in bertujuan memberikan gambaran kepada masyarakat akan upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah sejalan dengan kebutuhan Pemerintah dalam melayani seluruh lapisan masyarakat dalam Mudik Lebaran 2017. Sebagaimana amanah Presiden RI dalam Rapat Kabinet Paripurna Persiapan menghadapi Idul Fitri 1438 Hijriah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (29/5/2017) lalu. Upaya-upaya tersebut tentu dimaksudkan untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dalam menjalankan kegiatan mudik lebaran nanti. "Alangkah baiknya apabila kita memberikan perhatian bersama, terutama dalam rangka persiapan yang semakin baik dari tahun ke tahun," ulas Presiden.

Siaran Pers No. 67/HM/KOMINFO/05/2017 Tentang DPR Apresiasi Langkah Kementerian Kominfo Tangani Serangan Ransomware WannaCry

Rabu, 31 Mei 2017 Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara beserta jajarannya pada tanggal 31 Mei 2017 mengadakan Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI. Rapat Kerja dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I Meutya Viada Hafid. Pada Rapat Kerja ini Menkominfo membahas penanganan serangan Ransomware WannaCry. Serangan WannaCry di Indonesia diketahui pertama kali menyerang RS Dharmais pada 13 Mei 2017.

Siaran Pers No. 66/HM/KOMINFO/05/2017 Tentang Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) mengenai Sinergisitas Penyelenggaraan Desa Migran Produktif

Selasa, 30 Mei 2017 Kementerian Ketenagakerjaan bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang Sinergisitas Penyelenggaraan Program Desa Migran Produktif di Ruang Tripartit Kementerian Ketenagakerjaan Jakarta, Selasa (30/05/2017).

Siaran Pers No. 65/HM/KOMINFO/05/2017 tentang Konsultasi Publik RPM Kominfo mengenai Rencana Dasar Teknis (Fundamental Technical Plan) Telekomunikasi Nasional

Selasa, 30 Mei 2017 Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan konsultasi publik terhadap Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika tentang Rencana Dasar Teknis (Fundamental Technical Plan) Telekomunikasi Nasional. Masukan dan tanggapan dapat disampaikan melalui alamat email hukumppi@mail.kominfo.go.id dan lyst001@kominfo.go.id mulai tanggal 30 Mei 2017 s.d. 14 Juni 2017.
Kalender Agenda

Sosial

Jadwal Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32